Elemen Paling Penting Dalam Pembuatan Website

Hal yang paling penting dalam pembuatan website yaitu bertujuan agar website tersebut responsif. Dengan demikian maka website yang dibuat bisa dibuka di mana saja, baik komputer, laptop, hingga ponsel. Dengan website yang responsif maka penggunaanya juga menjadi lebih efektif. Agar lebih jelas mengenai elemen apa saja yang harus diperhatikan agar website yang dibuat tersebut responsif, simak ulasan berikut.

Elemen Penting dalam Membuat Website

Layout

Elemen penting dalam membuat website yang pertama yaitu layout. Dalam membuat layout hal yang harus diperhatikan yaitu membuat letak penyusunan elemen-elemen desain website yang seimbang sehingga membuat pembaca bisa mudah menggunakannya. Keseimbangan desain layout secara menyeluruh haruslah mudah diikuti oleh mata pengunjung website.

Jenis Huruf

Elemen penting dalam pembuatan website yang kedua yaitu jenis huruf yang digunakan. Perlu diketahui bahwa prinsip memilih huruf untuk website sangat berbeda dari prinsip memilih untuk materi cetak seperti pamflet, brosur, dan buku. Hal ini dikarenakan dalam membaca di website maka mata pembaca akan menjadi cepat lelah.

Untuk jenis huruf yang direkomendasikan yaitu sans serif karena baik ika digunakan dalam media online. Selain itu jika ingin melakukan variasi maka maksimal 2 jenis huruf saja.

White Space

Elemen berikutnya yaitu White space. Fungsi dari elemen yang satu ini yaitu untuk membantu mata manusia dalam mengorganisasi data, sedangkan untuk website bisa digunakan untuk memberi fokus terhadap elemen yang ingin ditonjolkan, menciptakan layout yang lebih seimbang dan harmonis, memberi kesan desain yang lebih clean dan relaxing, dan lainnya.

Secara mudah white space memiliki arti ruang kosong yang memisahkan antara satu elemen dengan elemen lainnya dalam sebuah situs website.

Pilihan Warna

Elemen penting dalam pembuatan website yang berikutnya yaitu pilihan warna. Untuk memilih warna website yang paling penting bukanlah membuatnya mencolok, namun sebaiknya menggunakan warna yang nyaman di lihat oleh mata saat membaca. Caranya bisa dengan memilih warna muda untuk latar dan warna tua untuk teks, bukan sebaliknya. Warna paling mudah bisa dengan gradasi abu-abu karena netral. Selain itu juga ada baiknya menghindari penggunaan warna primer.

Tombol “Search”

Elemen penting berikutnya yaitu tombol search. Tombol ini digunakan untuk memudahkan pembaca dan sebaiknya di letakkan di tempat yang mudah dilihat, misalnya di bawah header atau di sebelah navigasi. Agar lebih efektif bisa dengan menggunakan fitur Google custom search dan menggunakan logo atau simbol lup sebagai tanda.

Navigasi

Elemen berikutnya yang tidak kalah penting yaitu navigasi. Navigasi digunakan untuk memudahkan pencarian konten hingga memudahkan dalam penyimpanan atau mencari data. Untuk navigasi sebaiknya diletakkan di bagian paling atas layout, bisa di bawah atau di atas header.