Panduan Lengkap Pembuatan Desain Web Sekolah

Website sekolah memiliki banyak sekali manfaat dalam pendidikan maupun dunia ajar mengajar. Oleh karena itu agar berfungsi optimal maka desain web sekolah juga harus diperhatikan agar menarik bagi semua warna sekolah mulai dari guru hingga para muridnya. Dengan desain yang bagus tentunya selain bisa menampilkan informasi penting mengenai sekolah juga bisa menjadi ciri khas sekaligus keunggulan sekolah tersebut.

Website sendiri berfungsi bisa sebagai tempat menginput nilai siswa oleh para guru, database siswa dan guru yang lengkap, sumber informasi yang mudah mengenai pembagian pelajaran dan jadwalnya, dan lain sebagainya yang memiliki tujuan membangun kreativitas warga sekolah. Bahkan saat ini website juga sangat penting digunakan dalam pendaftaran siswa baru.

Oleh karena itu, keberadaan website kini menjadi sangat penting. Lalu bagaimana cara membuatnya? Untuk panduan lengkap dalam pembuatan website sekolah, adalah sebagai berikut.

Panduan Lengkap Pembuatan Desain Web Sekolah

Menyiapkan Dokumen

Tahap pertama yang harus dilakukan sebelum masuk ke teknis pembuatan desain web sekolah yaitu menyiapkan dokumen. Hal ini dikarenakan sekolah adalah tempat yang bersifat resmi sehingga sebelum membuat website harus mengajukan dokumen agar bisa mengurus domain .sch.id. dokumen tersebut disiapkan dari kelengkapan kepengurusan, data sekolah, dan lain sebagainya.

Membeli Domain dan Hosting

Domain sch.id ini memang merupakan domain khusus yang digunakan untuk sekolah dan lembaga pendidikan, baik itu SD, SMP, ataupun SMA termasuk di dalamnya Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah.

Untuk pembelian domain dan hosting dalam pembuatan website sekolah ini hampir sama dengan pembelian secara umum. Yaitu dengan masuk ke laman, mengecek ketersediaan nama domain, lalu memilihnya, mendaftar secara lengkap, melakukan pembayaran, dan melakukan aktivasi serta menggunakannya sesuai tujuan.

Melakukan Instalasi Website

Hal berikutnya yang dilakukan dalam pembuatan desain web sekolah yaitu melakukan unstalasi erbsite misalnya menggunakan wordpress. Caranya yaitu dengan masuk ke cPanel hoting lalu mengetik cpanel.namasekolah.sch.id atau namasekolah.sch.id/cpanel di browser. Setelah itu password dan user dimasukan dan memilih Softaculous.

Jika hendak menginstal WordPress, maka dalam kategori blog memilih wordpress walau tentunya bisa juga memilih yang lain sesuai keinginan. Setelah itu maka website bisa diatur sedemikian rupa agar fungsinya optimal.

Memilih Tema dan Desain

Hal berikutnya yang harus dilakukan yaitu memilih tema dan desain. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar tampilan website yang dibuat menarik. Jika sebelumnya menginstal menggunakan wordpres, biasanya ada beberapa tema free yang bisa dipilih. Caranya dengan masuk ke dashboard, lalu memilih apperance dan selanjutnya memilih themes. Ada banyak pilihan tema yang bisa digunakan yang kemudian bisa langsung diinstal atau diaktifkan ke website.

Demikian panduan pembuatan desain web sekolah yang perlu diketahui. Tentunya masih ada banyak hal lain yang harus dilakukan seperti menginput data dan foto kegiatan sekolah, dan lain sebagainya.