Pengaruh Template Untuk Mempercepat Loading Website

Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat loading website. Cara-cara tersebut bahkan kini sudah banyak ditulis di website-website yang membahas tentang dunia bloging dan bisa diakses secara gratis. Dari banyaknya cara yang ada, template atau tema yang Anda gunakan merupakan salah satu faktor penentu kecepatan loading sebuah website.

Seperti kita ketahui bahwa kecepatan sebuah website sangat mempengaruhi kenyamanan pengunjung. Ketika sebuah website semakin ringan maka pengunjung akan semakin senang, begitu juga sebaliknya. Sebaik apapun konten yang ada pada website Anda akan tetapi jika loadingnya lama maka akan ditinggalkan oleh pengunjung.

Pengaruh Template Untuk Mempercepat Loading Website

Template yang Ramping

Template terlalau banyak widget/javascript yang terpasang bisa membuat loadingnya menjadi berat. Jadi agar loading website semakin ringan maka buang widget yang tidak perlu seperti widget animasi, musik, visitor dan lain sebagainya. Mempercepat loading website paling efisien adalah dengan mengatur widget yang sewajarnya saja dan tidak berlebihan. Beberapa menu widget yang penting saja seperti recent post, popular post, artikel terkait serta menu follow email yang dianggap penting.

Mempercepat loading website dari pengaturan widget ini akan membuat pengunjung merasa nyaman dan ketagihan untuk berkunjung kembali ke website Anda. Jika Anda kesulitan mengatur widget supaya lebih ramping tidak perlu bingung, karena saat ini sudah banyak jasa desain web yang akan membantu Anda mengatasi masalah ini.

Template yang Mobile Friendly

Agar loading web semakin cepat Anda juga bisa mengoptimalkan dari segi HTML dan CSS. Ada banyak hal yang bisa dioptimasi dari HTML ataupun CSS dan salah satunya adalah dengan membuat template web tersebut jadi lebih mobile friendly sehingga pengunjung website Anda akan bertambah setiap harinya. Seperti diketahui bahwa pengakses website terbanyak saat ini adalah pengguna smartphone dan hanya beberapa persennya saja yang menggunakan komputer atau PC.

Mungkin Anda pernah menjumpai artikel dalam sebuah blog yang terpotong akibat template yang terpasang tidak support mobile sehingga sangat menjengkelkan karena hanya sebagian teks saja bisa terbaca. Agar hal ini tidak terjadi maka sebaiknya gunakan template yang mobile friendly supaya kecepatan loading bertambah dan pengunjung akan merasa betah.

Menggunakan Template AMP

Jika Anda tidak ingin kesulitan mengatur template supaya bisa mobile friendly maka bisa menggunakan template AMP. Dengan menggunakan template AMP maka Anda tidak perlu repot lagi mengatur supaya template lama Anda bisa lebih mobile friendly.

Dalam kondisi website yang masih baru alias belum banyak postingan mungkin sedikit lebih mudah, akan tetapi mempercepat loading website dengan mengubah template ke AMP akan memakan sedikit waktu dan kesabaran. Walau terbilang rumit, namun kecepatan blog yang meningkat akan membuat pengunjung merasa nyaman.