Perbedaan Blogger Dan WordPress, Mana Yang Terbaik?

Untuk mengikuti perkembangan zaman supaya tidak tertinggal, dalam menjalankan usaha bisnis apapun akan lebih baik ketika Anda memilih sebuah website ataupun blog. Diantara banyaknya penyedia layanan blog, blogger dan wordpress terbilang cukup populer. Namun, tahukah Anda apa perbedaan keduanya?. Walaupun memiliki fungsi yang sama, namun ada perbedaan blogger dan wordpress sehingga dengan mengetahuinya maka Anda akan bisa menentukan akan memilih yang mana.

Perbedaan Blogger dan WordPress

Template atau Theme

Hal paling menonjol dari perbedaan antara blogger dan wordpress adalah tampilan/tema. Template merupakan sebutan tampilan untuk blogger sedangkan pada wordpress disebut dengan theme. Platform blogger memiliki banyak sekali template yang bisa didapatkan secara gratis ataupun berbayar sedangkan theme untuk wordpress sangat terbatas dan jika pun ada yang bagus biasanya berbayar.

Namun jika template pada blogger tidak bisa diperbarui karena harus menginstal ulang dan mengatur kembali supaya bisa sesuai dengan kondisi blog Anda maka lain halnya dengan template wordpress yang bisa diperbarui dan tanpa harus mengaturnya lagi. Risiko dari penggantian template untuk platform blogger adalah menurunnya traffic blog sesaat setelah template diganti.

Plugin atau Widget

Perbedaan blogger dan wordpress selanjutnya adalah untuk plugin dan widget. Widget adalah sebuah aplikasi ringan yang terdapat dalam platform blogger sedangkan pada wordpress disebut dengan plugin. Dari segi ini wordpress jauh lebih unggul karena saat ini tersedia banyak sekali plugin wordpress seperti tombol share, berlangganan, redirect, tombol share melayang, dan lain sebagainya yang bisa didapatkan secara gratis ataupun berbayar.

Masalah Eror

Dibandingkan wordpress, platform blogger hampir tidak pernah mengalami masalah eror. Jika pun terjadi, halaman lain yang tidak bermasalah masih bisa dibuka. Jadi jika Anda memiliki cukup banyak waktu untuk mengelola blog maka sebaiknya gunakan saja platform blogger. Dalam beberapa kasus, ketika terjadi eror pada platform wordpress maka blog sama sekali tidak bisa dibuka  dan hanya bisa menampilkan halaman putih. Tentu hal ini sangat mengganggu pengunjung.

Terlebih lagi untuk platfrom wordpress yang mengalami masalah dan tidak ditemukan solusi maka harus masuk ke Cpanel hosting untuk menemukan bagian bermasalah sedangkan hal ini mengharuskan Anda untuk memiliki pengetahuan lebih lanjut.

Postingan Artikel

Agar kode bawaan dari microsoft word tempat Anda menulis artikel tidak terbawa maka ketika menggunakan platform blogger Anda harus mempastekannya terlebih dahulu pada notepad supaya kode tersebut hilang. Sedangkan untuk platform wordpress Anda bisa langsung copy paste saja tanpa harus memindahkannya terlebih dahulu pada notepad supaya kode hilang dan loading blog tidak mengalami masalah.

Sebenarnya masih banyak perbedaan blogger dan wordpress, namun dengan mengetahui keempat hal di atas maka Anda bisa menentukan yang terbaik. Terbaik dalam artian sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda dalam menjalankannya.