Tips Menjaga Website Dari Serangan Hacker

Menjaga website menjadi suatu keharusan, karena sekarang ini sebagian pelaku bisnis pasti menggunakan website untuk menjalankan bisnisnya. Di dalam website biasanya terdapat data-data penting perusahaan yang seharusnya tersimpan dengan baik. Namun, sebuah website tidak bisa diabaikan tentang keamanannya.

Terkadang ada orang yang mencoba masuk untuk mengakses website milik orang lain atau biasa disebut cyber crime. Hingga semua datanya bisa berantakan, bahkan bisa hilang. Maka dari itu, pengamanan website perlu dijaga agar tidak diserang oleh para hacker tidak bertanggung jawab. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa dilakukan untuk pengamanan terhadap website.

Hal yang Bisa Dilakukan untuk Menjaga Website Dari Serangan Para Hacker

Menggunakan SSL

SSL (Secure Sockets Layer) sebaiknya diterapkan pada website yang rentan terserang hacker. Fitur SSL ini telah banyak digunakan oleh perusahaan untuk mencegah website-nya. Protokol SSL digunakan untuk melakukan ekripsi dan transfer informasi. Dengan ini, akan membantu mencegah serangan hacker pada website yang dimiliki.

Sering Melakukan Back Up Data

Back up data sangat penting agar terjaga dari serangan hacker. Hacker yang mengakses website bisa menghilangkan data yang dipunya. Oleh sebab itu, back up data secara berkala bisa dilakukan untuk mencegah kehilangan data.

Memperkuat Kontrol Akses Website

Untuk mencegah serangan hacker pada website, maka bisa memperkuat kontrol akses website. Bisa dilakukan dengan menggunakan username dan password yang tidak mudah ditebak. Selain itu, harus selalu menjaga kerahasiaan akses masuk website.

Up to Date

Melakukan update akan menjaga website dari serangan hacker. Dengan melakukan pembaruan terhadap website akan membatasi akses hacker untuk masuk ke sistem. Update ini tergantung platform yang digunakan.

Memasang Firewall

Firewall merupakan aplikasi perangkat lunak yang bisa digunakan untuk menjaga website dari serangan hacker. Aplikasi ini membuat koneksi data dan server website tetap stabil, juga akan membaca setiap bit data yang melewatinya. Pemasangan aplikasi Firewall akan memblokir semua kegiatan yang dilakukan oleh hacker, juga menyaring para spammer dan bot yang berbahaya.

Menyembunyikan Halaman Admin

Hacker tidak bisa mengakses website dengan halaman admin yang tersembunyi. Karena halaman admin yang disembunyikan tidak bisa terindeks oleh mesing pencari. Maka dengan ini, data yang ada di dalam website bisa aman.

Menggunakan Cloudflare

Selain mengamankan website dari serangan hacker, Cloudflare ini juga bisa menangkal serangan seperti ddos attack. Namun, tidak semua orang bisa menerima Cloudflare untuk melindungi website. Sebaiknya penggunaan Cloudflare ini harus mendapat persetujuan dari penyedia layanan web hosting yang digunakan.

Itulah hal-hal yang bisa dilakukan untuk menjaga website dari serangan hacker yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Cara-cara di atas tidak bisa sepenuhnya untuk menghindari serangan hacker. Namun, hal-hal di atas bisa untuk melakukan pencegahan sebelum serangan hacker datang. Yang perlu dilakukan adalah tetap waspada karena gangguan masalah bisa datang kapan saja dan dari mana saja.